Baca Ini Sebelum Anda Pergi ke Salon (Ini Dapat Menyelamatkan Anda dari Stroke!)

Merawat diri di salon itu udah kayak kewajiban buat para cewek. Ada beberapa yang sebulan, seminggu sekali, bahkan mungkin juga ada yang setiap hari ke salon biar jadi super cantik. Setelah keluar dari salon, tentunya kamu merasa makin cantik dan tambah percaya diri. Nggak rugi deh ngeluarin duit banyak untuk biaya perawatan seluruh tubuh. Tapi, layaknya perawatan kesehatan, ke salon juga perlu hati-hati lho. Kalau nggak hati-hati bisa-bisa kamu terserang stroke. Lho kok?

Baca Ini Sebelum Anda Pergi ke Salon (Ini Dapat Menyelamatkan Anda dari Stroke!)


Kejadian ini dialami oleh Elizabeth Smith di bulan Januari tahun 2014 silam. Seperti layaknya cewek pada umumnya, dia suka pergi ke salon. Delapan hari kemudian, dia sering merasa nggak enak badan. Bagian tubuh sebelah kirinya sulit untuk digerakkan. Setelah mengunjungi dokter, masalah tersebut selasai. Namun seminggu kemudian, dia sering mengalami mual-mual dan muntah. Akhirnya, dia memutuskan untuk menjalani CT scan dan hasilnya cukup mengejutkan.

Hasil CT scan menunjukkan, bahwa pembuluh darah di bagian leher Smith rusak karena berbaring di kursi keramas. Terdengar aneh memang, tapi di dunia medis ada istilah untuk penyakit ini yaitu beauty parlor stroke syndrome (sindrom stroke salon kecantikan). Saat berbaring di kursi keramas ini, leher mengalami kondisi memanjang yang berlebihan. Hal tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah di leher putus atau sobek. Seperti dilansir dari Buzz Feed, seperti ini penjelasan kepala peneliti stroke:

Menurut Steven R. Zeiler, M.D., Ph.D, kepala peneliti stroke di John Hopkins, ketika salah satu dari pembuluh darah yang ada di leher mengalami kerusakan, kamu akan mengalami yang namanya dislokasi  yang menyebabkan kerusakan di dalam pembuluh darah. Aliran darah menjadi tidak normal dan terjadi penggumpalan. Kemudian gumpalan darah tersebut dapat mengalir ke otak dan menyebabkan stroke.

Memang kasus ini sangat jarang terjadi, tapi nggak ada salahnya juga kita berhati-hati saat mencuci rambut di kursi keramas yang ada di salon. Carilah kursi keramas yang memiliki pengaturan, jadi kamu bisa menyesuaikan posisi duduk sampai merasa nyaman. Jangan lupa juga untuk meminta pada kapster untuk menaruh handuk di lehermu.

Merawat tubuh untuk tampil cantik bisa jadi sebuah kewajiban, tapi kamu juga nggak boleh lupa dengan kesehatan tubuhmu juga.